menu 1 50

Anda mempunyai informasi penting ? Hubungi Polres Jembrana sekarang juga

menu 4

Kumpulan berita-berita seputar kegiatan Polres Jembrana dan Polsek Jajaran. 

menu 2

Informasi pelayanan Polres Jembrana seperti : Sim, Samsat,  SKCK, dsb

spanduk kapolres
ZI KAPOLRES KAB 2

Bhabinkamtibmas Desa Pohsanten Polsek Mendoyo Pantau Rapat Persiapan Pengukuhan Ngadegan Bendesa Adat Pohsanten.

Polda Bali – Polres Jembrana – Polsek Mendoyo – Sesuai Arahan Kapolsek Mendoyo KOMPOL I MADE KARSA, S.H.M.H.pada setiap kesempatan kepada petugas Bhabibkamtibmas untuk selalu melekat di setiap kegiatan yang ada di masyarakat.

Menindaklanjuti perintah tersebut Bhabinkamtibmas Desa Pohsanten Polsek Mendoyo Polres Jembrana AIPTU I NYOMAN ASTIKA Memantau giat Ngadegan bedesa adat Pohsanten
Pada hari Rabu, tanggal 20 Januari 2021, mulai pukul 09.20 Wita, bertempat di ruang rapat Kantor Desa Adat Pohsanten, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana telah berlangsung kegiatan rapat/paruman dalam rangka persiapan penetapan dan pengukuhan Bendesa Adat Pohsanten masa bakti 2021-2026, berkenaan dengan adanya gugatan dari pihak calon Bendesa Adat Pohsanten yang tidak terpilih An. I KETUT SUADEN (calon incumbent) terhadap hasil pelaksanaan paruman Desa Adat Pohsanten tanggal 26 Desember 2020 dalam rangka ngadegang/pemilihan Bendesa Adat Pohsanten secara voting/ penentuan suara terbanyak.

Dalam kegiatan dimaksud, dihadiri oleh :
– Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana (I Nengah Subagia)
– Majelis Desa Adat Kecamatan Mendoyo (Drs. I Nengah Suwindia)
– Perbekel Desa Pohsanten (I Gusti Agung Kade Sultra Gunadi Putra)
– Ketua BPD Pohsanten (I Gede Lasmita Jaya )
– Ketua Panitia Pemilihan (I Nyoman Suendra) beserta anggota
– Pemucuk/Sabha Desa Pohsanten
– Kelihan Adat se-Desa Pohsanten
– Calon Bendesa Adat Pohsanten (I Ketut
– Tokoh/warga masyarakat perwakilan dari masing-masing banjar adat se Desa Adat Pohsanten, dengan jumlah keseluruhan yang hadir kurang lebih 50 orang.

Dalam rapat/paruman tersebut, telah disampaikan oleh Ketua Panitia Pemilihan An. I Nyoman Suendra terkait dengan surat dari Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana dalam menyikapi sehubungan dengan adanya gugatan dari pihak I KETUT SUADEN (calon tidak terpilih) terhadap hasil pelaksanaan rapat/paruman ngadegang/ pemilihan Bendesa Adat Pohsanten yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan yang ada. Adapun isi surat dari Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana, tertanggal 18 Januari 2021 bahwa menindak lanjuti Surat Pamucuk Desa Adat Pohsanten Nomor : 05/Pmc/XII/2020, tanggal 27 Desember 2020, perihal Pelanggaran Tata Cara Ngadegang Bandesa Adat Pohsanten yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2020, dari pihak Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana telah menindak lanjutinya dengan melakukan koordinasi dengan pihak Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali, dimana berdasarkan hasil koordinasi tersebut, dengan ini sampaikan beberapa hal, sebagai berikut :

a. Proses Ngadegang Bandesa Ian Prajuru Desa Adat Pohsanten sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 khususnya pada pasal 29 ayat 2 dan Surat Edaran Majelis Desa Adat ( MDA ) Provinsi Bali Nomor 006/SE/MDA Prov Bali/VII/2020, tanggal 20 Juli 2020.

b. Bahwa Proses Ngadegang Bandesa dan Prajuru Desa dilakukan melalui paruman Desa Adat dengan Musyawarah Mufakat berbasis Desa Adat sebagai pengambilan keputusan tunggal dan salah satu cara dengan :
– Mengacungkan tangan ditempat paruman dan disetujui oleh paruman Desa Adat.
– Menulis dengan kertas kecil nama calon yang dikehendaki
– Peserta Paruman bisa memisahkan diri untuk menemukan calon yang dikehendaki Nomor 2 pada Poin (a,b,c) semua dilakukan pada saat paruman dilaksanakan dan semua hasil penetapan keputusan yang diambil dinyatakan sah dan mengikat.

c. Mencabut Rekomendasi Majelis Desa Adat Kecamatan Mendoyo Nomor : 01/MDA MDY/l/2021, tanggal 03 Januari 2020, tentang penolakan Rekomendasi Ngadegang Bandesa Ian Prajuru Desa Adat Pohsenten dan menyatakan tidak berlaku lagi.

d. Meminta kepada panitia Pemilihan Bandesa Adat dan Prajuru Desa Adat Pohsanten untuk menindak lanjuti Proses Ngadegang Bandesa dan Prajuru Desa Adat Pohsanten sesual Awig awig dan Dresta Desa Adat Pohsanten.

Bahwa surat dari pihak Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana tersebut dapat diterima oleh semua pihak/pemucuk yang hadir, dimana proses ngadegang Bendesa Adat Pohsanten dinyatakan sudah sesuai prosedur dan hasilnya sah serta tahapan pengukuhan Bendesa Adat periode 2021-2026 dapat dilanjutkan yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2021.

Kegiatan berakhir pukul 10.10 Wita, berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. ( Bhabin 3 Mdy )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2021 Polres Jembrana