menu 1 50

Anda mempunyai informasi penting ? Hubungi Polres Jembrana sekarang juga

menu 4

Kumpulan berita-berita seputar kegiatan Polres Jembrana dan Polsek Jajaran. 

menu 2

Informasi pelayanan Polres Jembrana seperti : Sim, Samsat,  SKCK, dsb

spanduk kapolres
ZI KAPOLRES KAB 2

Pelayanan SKCK Polres Jembrana yang Cepat dan Ramah

Polda Bali – Polres Jembrana – Sat Intelkam Polres Jembrana, Polres Jembrana

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut, dimana dalam prosesnya dilakukan oleh Satuan Intelkam.

Biasanya SKCK ini diperlukan oleh masyarakat  yang ingin mencari atau melamar pekerjaan serta keperluan administrasi pindah penduduk dan lain sebagainya. “Syarat untuk memperoleh SKCK sangat mudah dan memerlukan waktu yang singkat dalam pembuatannya” ungkap Brigadir Siska, Personil Polwan yang bertugas melayani pembuatan SKCK di Satuan Intelkam Polres Jembrana.

Syarat pembuatan SKCK yaitu cukup melampirkan Foto Copy KTP / Domisili, Foto Copy Kartu Keluarga, Foto Copy Akte Kelahiran, Foto Copy Rumus Sidik Jari, Pas Foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar dengan latar merah dan menggunakan baju berkerah.

Bila semua persyaratan dinyatakan lengkap, kemudian pemohon SKCK akan diberikan formulir / blangko yang wajib diisi, dimana data / keterangan yang diminta pada blangko tersebut yaitu berkisar tentang biodata diri sendiri serta keluarga. Setelah semua terisi, petugas akan melakukan penelitain terhadap data – data pemohon dan juga mencocokkan dengan catatan yang dimiliki oleh Kepolisian.

Setelah data diperoleh dan dicocokkan, SKCK siap dicetak dengan terlebih dahulu pemohon diminta memeriksa kembali data tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam pencetakan meliputi nama, gelar, tempat tanggal lahir, pekerjaan serta keperluan. Kemudian barulah dilakukan pencetakan.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016  tentang Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP ) pada Polri, pemohon SKCK diwajibkan membayar biaya pembuatan SKCK sebesar Rp. 30.000,-. Pembayaran tersebut disertai kwitansi yang diterbitkan oleh Mabes Polri dimana nantinya biaya ini disetorkan ke Kas Negara melalui Bank BRI. Cukup mudah kan syarat untuk pembuatan SKCK? Apalagi dilayani dengan cepat dan ramah.

 

( Satuan Intelkam Polres Jembrana )

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2020 Polres Jembrana